Bambang Ismawan: Potensi BUMDes Bakal Ciptakan Usaha Baru

Filed in Aktivitas saat ini by on Desember 16, 2016
Bambang Ismawan saat memberi sambutan pada Festifal BUMDes di Kab. Batang Jawa Tengah

Bambang Ismawan saat memberi sambutan pada Festifal BUMDes di Kab. Batang Jawa Tengah

Dalam sambutan Festival BUMDes, Rabu (7/12) di Kabupaten Batang, Ketua Pembina Yayasan Bina Swadaya Bambang Ismawan mengatakan, potensi BUMDes di desa yang dikelola dengan baik akan menciptakan kemajuan bagi perekonomian daerah serta menumbuhkan usaha baru.

“Desa dengan segala potensinya, kini mendapat kesempatan besar untuk membangun perekonomian berkelanjutan. Upaya yang dilakukan dalam pengelolaan, salah satunya dengan membentuk Badan Usaha Milik Desa.” paparnya.

Menurutnya, berbagai potensi yang dimiliki, bila dikelola dengan baik melalui BUMDes akan menciptakan kemajuan bagi daerah dan Indonesia.

Selain itu, Bambang menerangkan, munculnya konsep BUMDes yang berwatak kewirausahaan sosial merupakan bentuk antitesa dari wujud pembangunan ekonomi yang lebih berpihak pada kelompok elit, pusat pertumbuhan maupun mereka yang memiliki kemudahan akses.

“Kalau pengelolaan baik, masyarakat desa tidak perlu mencari kerja ke luar kota atau jadi TKI di negeri orang,” terangnya.

Acara yang dipusatkan di Pendapo Kabupaten dan Jalan Veteran atau kompleks sekitar Alun-alun Batang itu rencananya dihadiri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Sandjojo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan berbagai tokoh lainnya.