• +62-21 4204402
  • bswadaya@bsk.co.id

Bangun Ketangguhan Perlu Libatkan Berbagai Sektor

Bangun Ketangguhan Perlu Libatkan Berbagai Sektor

Manager Program Ikasari saat memberi sambutan di Acara MURIA EXPO

Manager Program Ikasari saat memberi sambutan di Acara MURIA EXPO

Saat dialog kolaborasi stakeholder yakni Pemerintah, Swasta dan Masyarakat di Rumah Si Pitung Marunda, Program Manager BSK Ikasari menuturkan, Program Marunda Urban Resilience in Action (MURIA) menawarkan pendekatan multi-pihak yang melibatkan berbagai sektor yang berbeda, lalu diintegrasikan dengan pendekatan penguatan ketangguhan yang dikelola masyarakat sendiri (community managed).

Menurutnya, jika hubungan di masyarakat seperti kelompok-kelompok yang ada dan kuat maka ketangguhan dapat tercapai. Tapi kita dihadapkan pada peraturan-peraturan. Apabila peraturan tidak mendukung maka ketangguhan tidak dapat tercapai. “MURIA akan membangun platform yang terdiri dari berbagai pihak untuk mendukung ketangguhan masyarakat”, tutur Ikasari.

Pelibatan multi-pihak ini termasuk kerja untuk agenda bersama, sehingga tercipta solusi saling menguntungkan yang meningkatkan ketangguhan di Marunda. Selain itu, team MURIA akan membawa keahlian beragam pada bidang perencanaan perkotaan, pelibatan multi-pihak, pengurangan risiko bencana, manajemen air dan lingkungan hidup, sanitasi, para inovator usaha kecil dan sumber penghidupan.

Sementara itu, hasil kajian (FGD) dengan warga tiap RT di RW 7  terpetakan dengan kerangka resilience, dimana ada ancaman seperti banjir, krisis air (akses air bersih), drainase, pengelolaan sampah, polusi, limbah, kondisi ekosistem berubah ketika terjadi pembangunan-pembangunan dan lainnya.

MURIA adalah kolaborasi antara Yayasan Bina Tani Sejahtera (YBTS), yang merupakan afiliasi dari PT East West Seed Indonesia, dengan Bina Swadaya Konsultan (BSK), Karina dan Ford Foundation, guna mengembangkan potensi dan kapasitas masyarakat di Marunda kawasan pesisir Jakarta Utara.

Fokus kegiatan MURIA adalah membangun peluang untuk pengembangan kewirausahaan bekerjasama dengan private sector dan menciptakan lapangan pekerjaan melibatkan perempuan dan anak muda dalam pengambilan keputusan menggunakan pendekatan multi stakeholder.

Septian Nugraha