• +62-21 4204402
  • bswadaya@bsk.co.id

Belajar Bersama Melalui Sekolah Lapang

Belajar Bersama Melalui Sekolah Lapang

Melakukan pengamatan padi adalah salah satu proses kegiatan sekolah lapang di sawah

Melakukan pengamatan padi adalah salah satu proses kegiatan sekolah lapang di sawah

Sekolah Lapang menjadi pembelajaran non-formal bagi masyarakat guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan, mengidentifikasi, dan menerapkan teknologi sesuai sumber daya setempat secara sinergis dan berwawasan lingkungan.

Bersama masyarakat, Bina Swadaya memfasilitasi pelatihan sekolah lapang, salah satunya di Kecamatan Gayam dan Kalitidu Bojonegoro yang masyarakatnya berkecimpung di sektor pertanian maupun peternakan.

Peserta pelatihan adalah anggota Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang berada di wilayah kegiatan demplot (demonstration plotting), dengan tempat belajarnya sesuai dengan materi, di sawah, kebun, kandang kolam dan lainnya

Materinya berupa, praktik lapangan, pengamatan, diskusi serta berbagi informasi dan pengalaman. “Materi pelajarannya benar-benar sesuai kebutuhan masyarakat yang telah disepakati bersama” ujar salah satu CO Cluster II Bojonegoro, M. Mundlofar.

Kegiatan sekolah lapang ini dibuat dengan memperhatikan kondisi desa-desa binaan. Karena itu, muncullah sekolah lapang padi, holtikultura, ternak, dan lele. Dengan adanya sekolah lapang. Akan muncul pemandu di setiap sektor, yang nantinya akan membantu mensosialisasikan ilmu yang di dapat ke seluruh anggota KSM atau masyarakat.

Harapannya, tanpa mengurangi kearifan lokal di desa, melalui kegiatan sekolah lapang, usaha tani atau ternak akan maju, lebih efisien, berprofuktifitas tinggi dan berkelanjutan. Sehingga masyarakat akan mendapatkan keuntungan dari setiap usaha yang dijalankannya.

Septian Nugraha