BSK Dorong Pertumbuhan Usaha Produktif Marunda

Filed in Aktivitas saat ini by on Desember 15, 2016
Pertemuan kelompok rusun blok C Marunda membahas usaha urban farming

Pertemuan kelompok rusun blok C Marunda membahas usaha urban farming

Program Marunda Urban Resilience in Action (MURIA) melalui Bina Swadaya Konsultan (BSK) terus berupaya mendorong pertumbuhan usaha – usaha produktif di Marunda.

Kiki, selaku tim BSK di program MURIA menuturkan, saat ini telah melakukan pendampingan kepada 11 kelompok yang menjalankan usaha produktif seperti, pertanian lahan sempit (urban farming), bank sampah, simpan pinjam sembako dan Usaha Bersama Simpan Pinjam (UBSP).

“Terdapat 278 orang tersebar di wilayah RW 7 Marunda meliputi, 9 RT dan 5 RT di Rusunawa blok C telah bergabung dalam kelompok, guna melakukan berbagai kegiatan usaha produktif” tuturnya.

Kelompok inilah yang didampingi oleh BSK melalui serangkaian pelatihan, praktek, konsultansi, pertemuan rutin, diskusi pembelajaran antar komunitas dan kunjungan belajar.

Menurutnya, sepanjang periode Juli – Agustus 2016, pertemuan dan diskusi kelompok bulanan rutin diadakan. Agenda utamanya adalah evaluasi kegiatan kelompok dan sharing pembelajaran.

Selain itu, membahas pencatatan administrasi bank sampah, materi UBSP berupa prinsip dasar dan manfaat, mekanisme, dan aturan dalam UBS, serta konsultasi teknik urban farming.

Fokus kegiatan sampai akhir tahun adalah upaya penguatan usaha yang telah dijalankan kelompok, pendampingan dan penguatan kader dalam menyebarluaskan pengetahuan yang di dapat kepada masyarakat sekitarnya.