• +62-21 4204402
  • bswadaya@bsk.co.id

ER Bina Swadaya Identifikasi Kebutuhan Korban Banjir Garut

ER Bina Swadaya Identifikasi Kebutuhan Korban Banjir Garut

Saat rapat koordinasi di Makodim 0611 Garut

Saat rapat koordinasi di Makodim 0611 Garut

Pasca banjir bandang Selasa malam, Emergency Response (ER) Bina Swadaya melakukan identifikasi kebutuhan mendesak bagi korban banjir bandang, Jumat (23/9) di Kabupaten Garut.

Sebelum ke lokasi banjir, ER Bina Swadaya yang dibantu Pesantren Ekologi Ath Thaariq beserta para relawan lainnya, turut serta bergabung untuk berkoordinasi di Makodim 0611 Garut.

Team Leader ER Agung Prasetio menuturkan, Tim ER dan Ath Thaariq beserta relawan lainya melakukan koordinasi bersama dengan Kodim 0611 sebagai pimpinan Satuan Tugas (Satgas) bencana banjir bandang Garut.

“Kita koordinasi dulu dengan posko utama Satgas di Kodim, supaya tahu kebutuhan dan mekanisme pendistribusian bantuan untuk korban” ucap Agung.

Dalam rapat koordinasi disampaikan, beberapa kebutuhan mendesak untuk pengungsi seperti air bersih, alat mandi, sabun cuci, perlengkapan dapur, kasur, selimut, bantal dan lainnya. Kemudian kebutuhan untuk anak-anak sekolah seperti seragam, perlengkapan alat tulis, kaos kaki dan sepatu untuk sekolah.

Semua bantuan non pangan untuk masyarakat harus disampaikan melalui Posko Kodim 0611 Garut dan akan didistribusikan ke lokasi pengungsian oleh petugas yang ditunjuk.

“untuk bantuan non pangan, harus ke Kodim dulu, baru nanti disalurkan ke korban pengungsian sama petugas, biar tidak tumpang tindihnya bantuan untuk pengungsi”, tutur Agung saat mendapat informasi dari Kodim.

Sementara informasi terkait bantuan pangan/makanan bagi pengungsi, dapat dapat disalurkan langsung ke lokasi pengungsian oleh pemberi bantuan.

Septian Nugraha