• +62-21 4204402
  • bswadaya@bsk.co.id

Produk Kami

Produk Kami

Kewirausahaan sosial adalah kegiatan bisnis bersama masyarakat sebagai upaya meningkatkan keberdayaan masyarakat dalam mengatasi masalah-masalah sosial, ekonomi dan lingkungan serta merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap pengembangan usaha-usaha kecil masyarakat.

inset1 copy

♦       BBM (Bisnis Bersama Masyarakat)

Bersama masyarakat, BSK memfasilitasi proses pemasaran produk-produk kelompok masyarakat dampingan dan lembaga lain. Saat ini produk BBM adalah beras perlakuan organik, madu baduy, sarang semut, dan gula semut.

 

Griya Cerdas Bina Swadaya

♦       GCBS (Griya Cerdas Bina Swadaya)

Merupakan pusat pembelajaran masyarakat (Community Training and Education Centre) yang terletak di Jalan Rajawali 23A, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. GCBS menyelenggarakan pelatihan-pelatihan pengembangan keberdayaan masyarakat, menyediakan fasilitas untuk penyelenggaraan pelatihan, pameran, seminar dan acara lainnya.

 

Layanan Utama

Layanan utama kami berupa:

penelitian

Penelitian.

Pelayanan berupa penelitian terapan dengan menggunakan metode kualitatif maupun kuantitatif untuk berbagai keperluan seperti penyusunan database, studi penjajagan kebutuhan pelatihan dan pendampingan masyarakat, pemantauan & evaluasi proyek serta studi dampak.

 

 

Pelatihan

Pelatihan.

BSK menyelenggarakan pelatihan-pelatihan dengan berbagai topik tentang peningkatan keberdayaan masyarakat untuk berbagai kalangan seperti perguruan tinggi, praktisi LSM, manajemen CSR perusahaan, pemerintah dan masyarakat luas yang diselenggarakan secara regular maupun in-house training.

Pelatihan regular diselenggarakan di Wisma Hijau Kampus Diklat Bina Swadaya Cimanggis, Depok Jawa Barat dan Griya Cerdas Bina Swadaya Banguntapan Yogyakarta. Pelatihan in-house atau pelatihan pesanan diselenggarakan di berbagai tempat sesuai permintaan.

Pendampingan

Pendampingan.

Memberikan pelayanan pendampingan masyarakat marjinal untuk memfasilitasi proses peningkatan keberdayaan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia khususnya di daerah sekitar wilayah tambang, daerah kumuh perkotaan, daerah hutan rawan, daerah aliran sungai (DAS), daerah transmigrasi, daerah kekeringan air, daerah perkebunan/pertanian dan daerah-daerah lain yang kritis dan perlu penanganan khusus

BSK menempatkan fasilitator dan tenaga-tenaga ahli di lapangan untuk melakukan berbagai program baik pengembangan SDM, manajemen kelembagaan masyarakat dan kewirausahaan sosial. Sedangkan muatan peningkatan keberdayaan yang dikembangkan adalah penerapan teknologi tepat guna, pengembangan peranan wanita & kesetaraan gender, pengembangan sanitasi air bersih, pengembangan matapencaharian, pengembangan keuangan mikro, serta pengelolaan risiko bencana berbasis masyarakat. Proses peningkatan keberdayaan masyarakat menggunakan metode partisipatif atau pelibatan seluruh pemangku kepentingan secara aktif mulai dari proses assessment, perencanaan, monitoring pelaksanaan, evaluasi hasil serta studi dampak.

 

Kompetensi :