• +62-21 4204402
  • bswadaya@bsk.co.id

Sekilas Tentang BSK

Sekilas Tentang BSK

Bina Swadaya Konsultan (BSK) adalah perusahaan jasa konsultansi nasional yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat dengan layanan utama berupa Penelitian, Pelatihan dan Pendampingan. Kompetensi kami adalah pengembangan ekonomi/livelihood masyarakat, pengembangan air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat, pengembangan kesehatan masyarakat (public health), pengembangan konservasi lingkungan, pengembangan lembaga keuangan mikro, pengembangan kewirausahaan sosial, pengembangan agribisnis, pengurangan risiko bencana oleh masyarakat serta pengembangan pendidikan non formal (life skills education).

Disamping bergerak dibidang konsultansi, kami juga mengembangkan kegiatan kewirausahaan sosial (social entrepreneurship) dalam rangka mendukung kegiatan konsultansi seperti pemasaran produk-produk kelompok dampingan melalui program bisnis bersama masyarakat (rumput laut, beras sehat perlakuan organik, batik, lurik, produk kerajinan tangan (kulit, bati kayu, tas agel, dll).

Kegiatan lain yang diusahakan oleh BSK adalah pengembangan Cultural Education Development Exposure Program (CEDEP) dan pusat pembelajaran (Training  and Education Center) yang berlokasi di Griya Cerdas Banguntapan Yogyakarta.

BSK merupakan salah satu bagian dari Yayasan Bina Swadaya (implementing unit) yang terbentuk dari semangat untuk menyebarluaskan pengalaman Bina Swadaya kepada pihak-pihak lain yang mempunyai perhatian terhadap kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan konsultansi sendiri dimulai sejak tahun 1983, yakni melalui kerjasama dengan BKKBN dalam menangani Proyek Peningkatan Pendapatan Kelompok Akseptor (1983 – 1991) yang didanai oleh Kerajaan Belanda.

Bisnis Bersama Masyarakat (BBM) – Bersama masyarakat, Bina Swadaya Konsultan (BSK) memfasilitasi proses pemasaran produk-produk kelompok masyarakat dampingan BSK dan lembaga lain dengan brand “Rengkuyung” yang berarti kebersamaan, komitmen bersama dan solidaritas. Saat ini produk BBM adalah: bersa perlakuan organik, handycraft berbahan dasar dari kayu, kulit dan agel serta batik-lurik yang dikerjakan secara home-made
Griya Cerdas Banguntapan (GCB), Pusat pembelajaran masyarakat (training and education center) yang terletak di Jl. Rajawali 23 A Banguntapan-Bantul Yogyakarta. GCB menyelenggarakan pelatihan-pelatihan pengembangan keberdayaan masyarakat, menyediakan fasilitas untuk penyelenggaraan pelatihan, pameran, seminar dan acara lainnya, yang didukung oleh warung kuliner sehat.
Cultural Education Development Exposure Program (CEDEP), Kegiatan pembelajaran tentang kearifan lokal, khusunya dalam peningkatan keberdayaan masyarakat melalui kunjungan lapangan, Studi Banding dan “live in” di lokasi dampingan BSK dam mitra BSK di wilayah Nusantara
admin-webbsk