Kembangkan UBSP sebagai Usaha Produktif di Marunda

Filed in Aktivitas saat ini by on Januari 13, 2017
Warga berdiskusi terkait aturan yang disepakati di kelompok UBSP RW 7 Marunda

Warga berdiskusi terkait aturan yang disepakati di kelompok UBSP RW 7 Marunda

Saat ini, Usaha Bersama Simpan Pinjam (UBSP) menjadi salah satu yang dikembangkan Program Marunda Urban Resilience in Action (MURIA) di RW 7 Marunda, Cilincing Jakarta Utara.

“Selain kelompok urban farming, bank sampah, tim siaga bencana, di RW 7 Marunda juga sedang dikembangkan usaha produktif berupa kegiatan UBSP” tutur Kiki, selaku tim Bina Swadaya Konsultan (BSK) di program MURIA.

Menurutya, usaha ini dilakukan guna menghimpun dana sisa kegiatan yang didukung oleh modal eksternal dan menjadi modal dasar UBSP, sehingga tiap anggota bisa mengakses pinjaman pada kelompok.

“Untuk besar pinjaman, diatur dalam peraturan UBSP yang disepakati bersama dalam rapat anggota dan pengurus”, jelas Kiki.

Aturan yang disusun dan disepakati bersama di tiap kelompok ini, menurutnya akan membuat setiap anggota merasa memiliki usaha dan cenderung patuh terhadap peraturan yang ada.

Data yang dihimpun akhir tahun kemarin, terdapat lima kelompok yang aktif menjalankan UBSP. Bahkan di Marunda Kepu (RT 8 dan 9) usaha simpan pinjam dijalankan bukan dalam bentuk uang, melainkan sembako.

Harapannya, semoga berkembangnya kelompok UBSP di Marunda menjadi sarana untuk meningkatkan motivasi, interaksi, dan kerjasama warga agar lebih maju, meningkatkan pengetahuan, mengembangkan sikap berorganisasi, silaturahim, rasa kebersamaan, kepedulian dan kekeluargaan