• +62-21 4204402
  • bswadaya@bsk.co.id

KSM Sumber Rejeki, Kesadaran Berbuah Prestasi

KSM Sumber Rejeki, Kesadaran Berbuah Prestasi

Pembuatan pupuk organik Mikro Organisme Lokal (MOL) di Desa Sumengko

Pembuatan pupuk organik Mikro Organisme Lokal (MOL) di Desa Sumengko

Sebagai salah satu KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) dampingan Bina Swadaya, KSM Sumber Rejeki telah berhasil menunjukan pentingnya kekompakan, ketelatenan, dan keseriusan dalam menjalankan unit produksinya.

KSM yang beralamat di di Desa Sumengko, Kecamatan Kalitidu Bojonegoro ini, kini telah mampu menyuplai kebutuhan pertanian seperti, kompos dan obat-obatan dari pupuk organik cair (POC) dan pupuk bunga dan buah (PBB),

“Untuk pertanian, kita sudah suplai kebutuhan kompos POC dan PBB” tutur Ketua KSM kelompok kerja (Pokja) Suripto.

Selain itu, Suripto mengungkapkan, ada produk olahan yang di buat KSM Sumber Rejeki, yakni olahan berupa produksi keripik usus, jari-jari, dan virgin coconut oil (VOC) dan olahan berupa kripik singkong. “untuk semua olahan makanan, sudah dipasarkan ke berbagai wilayah Kecamatan Gayam dan Kalitidu” ucapnya.

Terkait peternakan, KSM memiliki sejumlah 18 ekor sapi yang menempati kandang permanen. Kemudian, untuk memudahkan pemeliharaannya, dibentuk pengelola kandang yang bertanggung jawab kepada ketua Pokja peternakan

Awalnya menurut Suripto, KSM Sumber rejeki mengalami kesulitan untuk menyatukan visi. Tetapi KSM harus focus pada tujuan semula, yakni Desa Sumengko harus bisa menjadi kampung pertanian, peternakan dan olahan makanan.

Kini, KSM Sumber Rejeni beranggotakan 22 orang. KSM di bagi menjadi tiga Pokja yakni, pertanian dipimpin oleh Jai, peternakan oleh Suripto, dan olahan oleh Nur Kakim dan Sriyanti.

Septian Nugraha