Pemkab Batang Kerjasama Dengan Bulog Bentuk BUMDes

Filed in Aktivitas saat ini by on Februari 10, 2017
Bupati Batang saat jalin kerjasama dengan Bulog Sub Divisi Regional Pekalongan, Jawa Tengah

Bupati Batang saat jalin kerjasama dengan Bulog Sub Divisi Regional Pekalongan, Jawa Tengah

Pemerintah Kabupaten Batang bekerja sama dengan Badan Urusan Logistik Sub Divisi Regional Pekalongan, Jawa Tengah, melalui program “Rumah Pangan Kita” membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dilansir oleh Antara Jateng.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermasdes) Kabupaten Batang Tulyono mengatakan, saat ini sebanyak 51 dari 239 desa sudah membentuk BUMDes sedangkan 188 lainnya masih dalam proses.

“Kami menargetkan hingga akhir 2016, semua desa sudah memiliki BUMDes. Kami berharap bagi desa yang belum membentuk BUMDes segera membangun,” katanya.

Menurut dia, BUMDes ini akan menjadi kepanjangan tangan Bulog untuk menyalurkan atau menjual komoditi dengan harga di bawah pasaran.

“Program pembentukan BUMDes ini, agar stabilitas harga pangan agar lebih terjaga sekaligus memberdayakan masyarakat desa,” katanya.

Ia mengatakan Pemkab akan membantu masyarakat desa yang akan membentuk BUMDes dengan cara akan memberikan dana stimulan.

“Hanya saja dana tersebut paling cepat direalisasikan pada 2018. Berdasarkan informasi Kementerian setiap BUMDes akan menerima dana stimulan sekitar Rp. 60 juta sedang dari Pemkab akan diusulkan Rp. 20 juta,” katanya.

Kepala Bulog Sub Divre Pekalongan, Sumarna mengatakan pada awal program “Rumah Pangan Kita”, Bulog akan menyiapkan empat dari 11 komoditas, yaitu beras, gula pasir, minyak goreng, dan tepung.

“Bagi BUMDes cukup menyediakan dana Rp. 5 juta untuk awal program Rumah Pangan Kita. Adapun tujuan program Rumah Pangan Kita antara lain, untuk stabilitas harga pangan di pasaran dan menekan inflasi,” katanya.