Sembako, Andalan UBSP Marunda Kepu

Filed in Aktivitas saat ini by on Januari 27, 2017
FGD bersama beberapa perwakilan RT di RW 7 Marunda

FGD bersama beberapa perwakilan RT di RW 7 Marunda

Ada yang potensial dan menarik dalam pengembangan Usaha Bersama Simpan Pinjam (UBSP) di RW 7 Marunda, yakni usaha simpan pinjam dijalankan bukan dalam bentuk uang, melainkan sembako.

Sebagai bagian dari program Marunda Urban Resilience in Action (MURIA), Kiki dari Bina Swadaya Konsultan (BSK) menjelaskan, sebelum dibentuk UBSP, memang ada sebagian warga yang menjalankan usaha bersama berupa sembako.

“Warga di Marunda Kepu (RT 8 dan 9) sudah punya usaha bareng berupa sembako, yang rencananya dijadikan tabungan nanti pas Lebaran”, jelas Kiki

Menurutnya, hal tersebut diketahui ketika Focus Group Discussion (FGD) bersama ibu-ibu di RT 8 dan 9 tentang potensi ekonomi yang bisa dikembangkan di Marunda.

Warga pun menilai positif, usaha sembako ini sangat membantu kebutuhan sehari-hari dan selama ini menjadi andalan untuk tabungan kebutuhan bersama saat nanti Lebaran. “Pas waktunya Lebaran nanti akan di bagi hasil dengan anggotan lainnya” kata Ibu-ibu saat ikut serta FGD.

Saat ini, UBSP menjadi salah satu usaha yang dikembangkan program MURIA bersama warga di EW 7. Harapannya, semoga dengan berkembangnya kelompok UBSP di Marunda menjadi sarana untuk meningkatkan motivasi, interaksi, dan kerjasama warga agar lebih maju, meningkatkan pengetahuan, mengembangkan sikap berorganisasi, silaturahim, rasa kebersamaan, kepedulian dan kekeluargaan