• +62-21 4204402
  • bswadaya@bsk.co.id

Pembekalan Lingkungan Sehat untuk Motivasi SDN 6 Mekarsari Raih Adiwiyata

Pembekalan Lingkungan Sehat untuk Motivasi SDN 6 Mekarsari Raih Adiwiyata

Siswa SDN 6 Mekarsari diberi pemahaman tentang pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat

Siswa SDN 6 Mekarsari diberi pemahaman tentang pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat

Selain memberikan pelatihan Pengurangan Risiko Bencana (PRB), Tim Emergency Response (ER) Bina Swadaya pun memberi pembekalan tentang lingkungan sehat. Materi tambahan ini pun disampaikan sebagai motivasi dan dukungan terhadap SDN 6 Mekarsari yang mengikuti lomba Adiwiyata.

Dian ketua pelaksana kegiatan PRB menjelaskan, sesuai informasi bahwa SDN 6 Mekarsari termasuk salah satu sekolah yang diusulkan dalam program Adiwiyata. Untuk itulah, ER Bina Swadaya memberi materi tambahan tentang lingkungan sehat, ini sebagai dukungan agar SDN 6 Mekarsari bisa meraih predikat Sekolah Adiwiyata.

Menurutnya, materi yang disampaikan tentang menjaga lingkungan bersih, hijau, dan pencegahan banjir. Kemudian menjaga kesehatan tubuh dari penyakit diare dan demam berdarah. “kita bersama sekolah mendorong untuk budaya lingkungan bersih dan sehat, dan harapannya kita bisa menjaga kelestarian lingkungan di sekolah” harap Dian.

Kedepan, pihak SDN 6 Mekarsari mengharapkan agar Bina Swadaya selalu berkontribusi untuk sekolah dalam mendukung program lingkungan yang bersih dan sehat.

Mengutip dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), program Adiwiyata adalah salah satu program KLH  dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Tujuannya adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah dapat turut bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

Kegiatan utama program Adiwiyata adalah mewujudkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah di Indonesia.

Septian Nugraha