• +62-21 4204402
  • bswadaya@bsk.co.id

TNP2K – BSK Gelar Pelatihan Resertifikasi PKH Kohor 2007

TNP2K – BSK Gelar Pelatihan Resertifikasi PKH Kohor 2007

Ibu Ikasari Menjelaskan kegiatan pelatihan ToT dan ToF Resertifikasi PKH Kohor 2007_

Ibu Ikasari (BSK) menjelaskan kegiatan pelatihan ToT dan ToF Resertifikasi PKH Kohor 2007

Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) kerjasama dengan Bina Swadaya Konsultan (BSK), melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas pelatih (trainer) dan fasilitator lapang Program Keluarga Harapan (PKH), guna penanganan pengaduan dalam proses resertifikasi PKH Kohor 2007.

Kegiatan “Pelatihan untuk Pelatih (Training of Trainer) dan Pelatihan untuk Pendamping (Training of Facilitator)” bertujuan memberikan pemahaman pada peserta pelatihan terhadap proses penyerahan hasil resertifikasi dan mekanisme pengaduan.

Selain itu, meningkatkan kemampuan dan keterampilan pendamping dalam melaksanakan penyerahan hasil resertifikasi dalam hal, penyampaian hasil, menangani pengaduan, menggunakan intsrumen formulir isian dan melaporkan data hasil pengaduan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Mekanisme koordinasi yang dilakukan BSK dalam pelaksanaan kegiatan, mengacu kepada struktur yang berlaku. Koordinasi mulai dari penyusunan modul pelatihan untuk pelatih, persiapan penyelenggaraan pelatihan, perekrutan peserta pelatihan, penyelenggaraan pelatihan untuk pelatih dan pelatihan untuk pendamping, penetapan tim pelatih untuk pelatihan pendamping PKH, sampai koordinasi monitoring dan supervisi penyelenggaraan pelatihan.

Adapun tindak lanjut dari kegiatan ToT ini adalah pembentukan 11 tim pelatih untuk melakukan penguatan kapasitas fasilitator lapang PKH di 7 (tujuh) Provinsi dan 53 Kabupaten/Kota di Indonesia. Tim pelatih nantinya akan melaksanakan kegiatan “ToF Penyerahan Hasil dan Penanganan Pengaduan Resertifikasi PKH Kohor 2007” yang akan diikuti 1.439 orang peserta yang terdiri dari: 1.281 fasilitator lapang PKH dan 106 staf Bappeda dan Dinas Sosial tingkat Kabupaten/Kota.  Kegiatan Pelatihan untuk Fasilitator  tersebut akan dilaksanakan pada 10 Februari hingga 8 Maret 2014.

Proses resertifikasi penting dilakukan untuk memastikan bahwa kegiatan transformasi kepesertaan PKH didasarkan kepada status sosial ekonomi rumah tangga peserta PKH dan program-program transisi dan graduasi dikembangkan berdasarkan fakta-fakta di lapangan.

Harapannya, Pelatihan untuk pelatih dan pelatihan untuk pendamping penyerahan hasil dan penanganan pengaduan resertifikasi PKH Kohor 2007, mampu memberikan sumbangan yang berarti, terutama bagi peningkatan kinerja PKH, Kemudian adanya peranan semua stakeholder yang telah memberi kepercayaan dan mendukung keberhasilan penyelenggaraan pelatihan ini.

PKH adalah program yang diluncurkan oleh pemerintah Indonesia yang mempunyai misi meningkatkan kualitas sumber daya manusia, kelompok masyarakat sangat miskin dan memutus rantai kemiskinan antar generasi. Program ini sudah berlangsung sejak bulan Juli 2007. Sesuai dengan pedoman umum program PKH tahun 2007, disebutkan bahwa setiap lima tahun sekali harus dilakukan resertifikasi peserta PKH.

Septian Nugraha